PT. Poly Stamino Indonesia
PT.Poly Stamino Indonesia - Jual Water Treatment dan Kimia Organik

(EDUCATIONAL WEBINAR) Grease Trap Problem at Sewage Treatment Plant - Hotel and Restaurant Edition

Tanggal :24/05/2021 09.21.00 Penulis : BioWaste

25


Detail Pelaksanaan :

Tanggal : Kamis, 3 Juni 2021

Pukul : 10.15 WIB – selesai


Pembicara:

Moeryono, S.T. (Project Manager di PT Poly Stamino Indonesia)

Berpengalaman lebih dari 20 tahun dalam bidang pengolahan limbah domestik maupun industri.


Moderator:

Ade Yusuf, A.Md.Si (Environmental Engineer)


Link form registrasi (GRATIS) : shorturl.at/fmGIP


Pesatnya pembangunan pariwisata tidak hanya menimbulkan dampak positif seperti peningkatan pendapatan daerah, penciptaan lapangan kerja, dan peningkatan kesejahteraan, tetapi juga menimbulkan dampak negatif seperti pencemaran, kemacetan lalu lintas, kerusakan lingkungan dan pengalihan fungsi lahan terutama lahan pertanian yang dijadikan sebagai tempat pengembangan fasilitas dan sarana pariwisata. Dampak negatif pariwisata yang mengancam kelestarian lingkungan adalah meningkatnya volume limbah hotel dan restoran. Limbah ini berupa limbah padat, cair dan gas. Apabila permasalahan limbah ini tidak ditanggulangi dengan cara yang tepat, dapat menimbulkan pencemaran lingkungan yang akan berdampak pula pada manusia dan makhluk hidup lainnya (Sitompul, 2013). 

Kontaminan utama limbah cair hotel dan restoran berasal dari bahan makanan, proses memasak dan tahap pembersihan peralatan, dan dari toilet. Dengan demikian limbah rumah makan berupa bahan-bahan organik, dan bahan pencuci (sabun/deterjen). Senyawa organik yang terkandung dalam limbah cair rumah makan berupa karbohidrat, protein, lemak, dan minyak.

Semakin beragam jenis makanan yang dijual dirumah makan, akan menghasilkan limbah yang mempunyai jumlah dan jenis bahan organik semakin banyak. Untuk menentukan besarnya kandungan bahan organik digunakan beberapa teknik pengujian seperti BOD (Biological Oxygen Demand), dan COD (Chemical Oxygen Demand). Uji BOD (Biological Oxygen Demand) merupakan parameter yang sering digunakan untuk mengetahui tingkat pencemaran bahan organik, baik dari industri ataupun rumah tangga (Greyson, 1990; Welch, 1992)

Jika ditinjau dari kep-51/MENLH/10/1995 tentang baku mutu limbah cair bagi kegiatan industry, maka limbah cair hotel dan restoran memerlukan pengolahan terlebih dahulu sebelum dibuang keperairan umum karena telah melebihi baku mutu.

Grease trap merupakan suatu proses yang dapat menurunkan senyawa minyak dan lemak. Minyak dan lemak sendiri merupakan suatu senyawa yang dapat menimbulkan pencemaran pada ekosistem perairan apabila senyawa tersebut ketika dibuang belum memenuhi baku mutu yang diatur pada Permen LHK No. 68 tahun 2016. Terdapat sanksi serius apabila suatu badan usaha melanggar aturan ini salah satunya penutupan badan usaha tersebut. Oleh sebab itu, mari kita kenali masalah-masalah yang terjadi pada grease trap dan cara penanganan dalam webinar Poly Stamino Educated dengan judul "Grease Trap Problem at Sewage Treatment Plant (Hotel and Restaurant Edition)" bersama narasumber Moeryono, S.T.


PT Poly Stamino Indonesia








Respon Komentar

Belum Ada Komentar

Tinggalkan Komentar

* Komentar akan ditampilkan bila disetujui

kategori

Post terbaru

Komentar Terbaru

Tag

Logo IDT
Chatbot